Paud Kusuma Bangsa. Diberdayakan oleh Blogger.

.

RSS

Tema dan Sentra

Metoda yang dipilih agar materi dapat diterima anak dengan utuh, antara lain:Tema dan Sentra

A. Tema merupakan bingkai materi yang telah direncanakan agar:
  • Semua materi dapat diberikan, tidak ada yang tercecer.
  • Penggunaan waktu efektif,  tidak ada materi yang diberikan yang tidak dibutuhkan anak.
  • Penggunaan waktu efisien, tidak ada yang tumpang tindih.
  • Semua materi yang akan disampaikan pada anak melalui hal-hal yang tersekat dengan anak. 

B. Sentra adalah pusat kegiatan pembelajaran dengan metoda bermain sambil belajar yang dirancang untuk mengembangkan seluruh potensi anak.

Apa itu Sentra ?

  • Sentra sebagai perwujudan dari dunia dan pikiran anak.  
  • Menghubungkan dunia anak sebagai pembelajar yang aktif dengan dunia yang diketahuinya. Karena itu perlu dirancang untuk memotivasi anak agar terlibat di dalamnya.
  • Sentra merupakan aplikasi dari pembelajaran yang terintregrasi.
  • Setiap sentra di dukung alat dan bahan main yang dapat digunakan anak sesuai dengan gagasannya. Sentra bisa dibuka di dalam maupun di luar ruangan. 
Mengapa Sentra ?


  • Sentra merupakan bengkel kerja dan perpustakaan bagi anak usia dini (Kostelnik, 1999)
  • Sentra mengakomodasikan perbedaan tahapan bermain anak, irama perkembangan dan cara belajar anak. 
  • Anak memerlukan waktu yang cukup untuk bermain di sentra. Karena keterlibatan anak dalam satu sentra pada satu waktu lebih baik dibandingkan dengan mengunjungi beberapa sentra.
  • Memiliki waktu yang cukup di sentra diperlukan untuk memilih bahan main, persistensi (fokus dalam bermain), penguatan konsep, diskusi aktivitasi, dan penerapan tahapan main. 

Penataan Sentra

Persyaratan
  1. Aman (anti toxic, tidak runcing, tidak licin)
  2. Nyaman (ukuran ruang dan anak ideal, leluasa, memperhatikan pencahayaan ruang, ventilasi, pewarnaan ruang, suhu ruang, dan sebagainya.
  3. Mendukung kepekaan personal (furnitur seukuran anak, alat dan bahan merefleksikan kehidupan anak di rumah, dan sebagainya)
  4. Dapat diperkirakan (ditata konsisten, diberi nama, dan sebagainya)
  5. Menarik (menumbuhkan inisiatif anak dan mendukung keterlibatan dalam kegiatan main dalam waktu yang lama (densitas main, mendukung 3 jenis main, dan sebagainya)
  6. Mendukung perkembangan bahasa (reseptif: mendengar serta ekspresif: lisan/berbicara) dan soaial (alat dan bahan main ditata untuk minimal 2 anak, mendukung keaksaraan, dan sebagainya)
  7. Menata kegiatan main yang mendukung interaksi sosial (anak lebih kecil memerlukan ruangan yang lebih luas daripada anak yang besar)

     
     
     
     
     

    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS

    0 komentar:

    Poskan Komentar