Paud Kusuma Bangsa. Diberdayakan oleh Blogger.

.

RSS

Manfaat Bermain Balok Bagi Anak Usia Dini


Menurut Lara Fridani S.Psi, M.Psych, dosen pendidikan anak usia dini di (PAUD) di Universitas Negeri Jakarta menjelaskan, permainan susun balok sama halnya dengan permainan puzzle, karena sama-sama dalam permainan konstruktif (Kompas.com).

Manfaat bermain balok


* Belajar mengenai konsep
Dalam bermain susun balok, akan ditemukan beragam konsep, seperti warna, bentuk, ukuran, dan keseimbangan. Orangtua bisa mengenalkan konsep-konsep tersebut saat anak bermain susun balok.

* Belajar mengembangkan imajinasi
Untuk membangun sesuatu tentunya diperlukan kemampuan anak dalam berimajinasi. Imajinasi yang dituangkan dalam karya mengasah kreativitas anak dalam mencipta beragam bentuk.

* Melatih kesabaran
Dalam menyusun balok satu demi satu agar terbentuk bangunan seperti dalam imajinasinya, tentu anak memerlukan kesabaran. Berarti ia melatih dirinya sendiri untuk melakukan proses dari awal sampai akhir demi mencapai sesuatu. Ia berlatih untuk menyelesaikan pekerjaannya.

* Secara sosial anak belajar berbagi
Ketika bermain susun balok bersama teman, anak terlatih untuk berbagi. Misalnya, jika si teman kekurangan balok tertentu, anak diminta untuk mau membagi balok yang dibutuhkan. Perlahan tapi pasti, anak juga belajar untuk tidak saling berebut saat bermain.

* Mengembangkan rasa percaya diri anak
Ketika anak bermain susun balok dan bisa membuat bangunan, tentu anak akan merasa puas dan gembira. Pencapaian ini akan menumbuhkan rasa percaya diri akan kemampuannya.

Perlu Dampingan
Agar permainan ini terasa manfaatnya, Orangtua perlu mendampingi anak tetapi jangan mudah memberikan bantuan. 










Alhamdulillah PAUD KUSUMA BANGSA pada tanggal 14 Juli 2011 menerima bantuan dana dari PNPM sehingga bisa menambah APE dalam maupun APE luar. Sehingga kami bisa memperbaiki proses pelayanan kepada para peserta didik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

edratna mengatakan...

Secara dini anak bisa dilatih bermain....bahkan sekarang anak berbagai jenis balok yang berwarna warni yang menarik minat anak kecil. Akan lebih menarik jika belajar bersama temannya sekaligus belajar sosialisasi.

Puspita mengatakan...

@mbak ratna; mohon doanya agar kami bisa memfasilitasi siswa secara maksimum. Terima kasih kunjungan dan dukungannya.

Sugeng mengatakan...

Inget jaman ku dulu mbak, permainan semacam ini cuma ada dalam kotak mainan tetanggaku. Karena semua mainan yang model begini bagiku sangat langka. Beruntung sekarang sudah ada di berbagai macam sekolah PAUD. Semoga saja tujuan dari mainan balok ini bisa tercapai :D

Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Puspita mengatakan...

@Sugeng; amin. Salam hangat dan jabat erat kembali dari Nganjuk Jatim.

Anonim mengatakan...

asyiknya.... wkwkw, kalau saya dulu... suka banget kalau pas waktunya jalan jalan... hehe... ;D

Puspita mengatakan...

Memangnya pernah belajar di PAUD? Paling-paling hanya belajar di TK. Dulu belum ada PAUD.

Posting Komentar