Paud Kusuma Bangsa. Diberdayakan oleh Blogger.

.

RSS

Prinsip Pendidikan Anak Usia Dini

Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di dasarkan atas prinsip-pinsip sebagai berikut: 
  1. Berorientasi pada kebutuhan anak. Kegiatan pembelajaran harus selalu ditujukan pada  pemenuhan kebutuhan perkembangan anak secara individu. 
  2. Kegiatan belajar dilakukan me lalui bermain. Dengan bermain yang menyenangkan dapat merangsang anak untuk melakukan eksprlorasi dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitarnya, sehingga anak menemukan pengetahuan dari bend-benda yang dimainkannya.
  3. Merangsang munculnya kreatifitas dan inovasi. Kreativitas dan inovasi tercermin melalui kegiatan yang membuat anak tertarik, fokus, serius dan konsentrasi.
  4. Menyediakan lingkungan yang mendukung proses belajar. Lingkungan harus diciptakan menjadi lingkungan yang menarik dan menyenangkan bagi anak selama anak bermain. 
  5. Mengembangkan kecakapan hidup anak. Kecakapan hidup diarahkan untuk membantu anak mandiri, disiplin, mampu bersosialisasi, dan memiliki ketrampilan dasar yang berguna bagi kehidupannya kelak.
  6. Menggunakan berbagai sumber dan media belajar yang ada di lingkungan sendiri.
  7. Dilaksanakan secara bertahap dan berulang-ulang dengan mengacu pada prinsip-prinsip perkembangan anak. 
  8. Rangsangan pendidikan bersifat menyeluruh yang mencakup semua aspek perkembangan. Setiap kegiatan anak sesungguhnya dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan kecerdasannya. Tugas pendidik (guru/Kader/Pamong) adalah memfasilitasi agar semua aspek perkembangan anak dapat berkembang secara optimal.
  9.  
     Sumber: DEPDIKNAS Direktorat Jenderal PLS Direktorat PAUD,  "Pedoman Penerapan Pendekatan Sentra dan Lingkaran dalam PAUD"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar