Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di dasarkan atas prinsip-pinsip sebagai berikut:
- Berorientasi pada kebutuhan anak. Kegiatan pembelajaran harus selalu ditujukan pada pemenuhan kebutuhan perkembangan anak secara individu.
- Kegiatan belajar dilakukan me lalui bermain. Dengan bermain yang menyenangkan dapat merangsang anak untuk melakukan eksprlorasi dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitarnya, sehingga anak menemukan pengetahuan dari bend-benda yang dimainkannya.
- Merangsang munculnya kreatifitas dan inovasi. Kreativitas dan inovasi tercermin melalui kegiatan yang membuat anak tertarik, fokus, serius dan konsentrasi.
- Menyediakan lingkungan yang mendukung proses belajar. Lingkungan harus diciptakan menjadi lingkungan yang menarik dan menyenangkan bagi anak selama anak bermain.
- Mengembangkan kecakapan hidup anak. Kecakapan hidup diarahkan untuk membantu anak mandiri, disiplin, mampu bersosialisasi, dan memiliki ketrampilan dasar yang berguna bagi kehidupannya kelak.
- Menggunakan berbagai sumber dan media belajar yang ada di lingkungan sendiri.
- Dilaksanakan secara bertahap dan berulang-ulang dengan mengacu pada prinsip-prinsip perkembangan anak.
- Rangsangan pendidikan bersifat menyeluruh yang mencakup semua aspek perkembangan. Setiap kegiatan anak sesungguhnya dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan kecerdasannya. Tugas pendidik (guru/Kader/Pamong) adalah memfasilitasi agar semua aspek perkembangan anak dapat berkembang secara optimal.
- Sumber: DEPDIKNAS Direktorat Jenderal PLS Direktorat PAUD, "Pedoman Penerapan Pendekatan Sentra dan Lingkaran dalam PAUD"
0 komentar:
Posting Komentar