Paud Kusuma Bangsa. Diberdayakan oleh Blogger.

.

RSS

Mandat Ibu Lurah


Pada pertemuan PKK pada tanggal 11 September 2010, tiba-tiba ibu Yuni Gunawan (Ibu Ketua PKK Kelurahan Payaman) memberi tugas baru pada saya untuk menyelenggarakan Pendidikan Anak usia Dini di Kelurahan Payaman kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk. Pada awalnya saya sempat heran, mengapa harus saya? Mengapa bukan ibu pengurus PKK yang lainnya?. Padahal di Kelurahan Payaman masih banyak ibu-ibu yang lebih kompeten dibandingkan saya. Namun setelah agak lama melakukan adu argumentasi bersama pengurus yang lainnya. Akhirnya saya terima tugas baru ini dengan senang hati.

Hari itu juga saya dikenalkan dengan beberapa ibu Kader Posyandu yang sudah lebih dahulu di tunjuk Bapak Gunawan selaku Lurah Desa Payaman untuk menjadi pendamping PAUD. hari ini juga saya melakukan koordinasi dan menyiapkan segala persyaratan untuk mendirikan PAUD.  Beruntung saya memiliki Lurah yang sangat kreatif, inovatif dan pekerja keras. Saya dan teman-teman guru pendamping kebagian tugas mempelajari kurikulum dan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kurikulum sekaligus persiapan proses KBM (Kegiatan Belajar mengajar) sedangkan Bapak Lurah beserta Perangkat Desa mempersiapkan proposal pendiriannya.

PERSIAPAN

  1. Menyiapkan Tempat. Beruntung kami bisa menempati  Balai Pertemuan RW X yang beralamat di Jl. A. Yani I. Sehingga kami lebih nyaman melakukan proses Kegiatan Belajar Mengajar.
  2. Menyiapkan Pendidik. a. Mulai hari pertengahan September 2010, kami berempat melakukan proses magang di PAUD SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Nganjuk yang beralamat di Jl. Mas Trip seminggu dua kali. Khusus untuk saya yang kebetulan mengajar di SMK Negeri I Kertosono hanya bisa menemani teman-teman magang seminggu sekali.  Hanya pada saat saya tidak jam mengajar di SMK. Tujuan magang adalah memberikan pengalaman praktik kepada calon pendidik PAUD.Bukan hanya di PAUD SKB teman-teman juga ikut magang di PAUD Aisiyah Bogo Nganjuk.  b. Ketiga calon pendidik mengikuti beberapa kali pelatihan di Kecamatan maupun di beberapa tempat pelatihan calon pendidik PAUD lainnya.
  3. Menyiapkan APE (Alat Permainan Edukatif), disiapkan oleh ibu Lurah beserta ibu Carik. Sedangkan beberapa alat dan bahan lainnya kami belanja sendiri. 
  4. menyiapkan administrasi kelompok dan pencatatan perkembangan anak dikerjakan oleh Ibu Nana, ibu reni dan Ibu Endang.
  5. Pengenalan metode pembelajarn kepada orangtua. Kami laksanakan pada awal pertemuan. Dilanjutkan setiap awal bulan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sukses selalu bu,always give the best for the gold age my teacher because by my experience the big dreams become in this moment ,,,maju terus bu sukses!!!!!!!!

Posting Komentar